Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Lapak Baca Buku Gratis

Minggu (10/2/2019) merupakan sebuah awal bersejarah bagi saya khususnya, dimana pada hari itu kami memulai langkah baru dengan niatan ingin meningkatkan minat baca masyarakat. Melalui Taman Baca Gelora Madani Membuka Lapak Baca Buku Gratis di Alun-alun Engku Putri Batam Center, Batam.
Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Lapak Baca Buku Gratis

Hari itu kami memulai hari lebih cepat dari biasanya. Berangkat dari rumah pukul 06.30 WIB menuju Alun-alun Engku Putri Batam Center. Kendala terbesar ketika keluar rumah pagi sekali adalah membangunkan kedua malaikat kecil kami, Aal & Maryam. Alhamdulillah, semua bisa berjalan dengan baik.

Untuk persiapan membuka lapak baca di Alun-alun, kami membawa 2 (dua) box kontainer yang berisi kumpulan buku anak dan dewasa. Diantaranya adalah koleksi pribadi dan juga tambahan buku yang sengaja kami beli dengan maksud untuk menambah koleksi buku di Taman Baca yang kami dirikan tersebut. Buku-buku itu kami siapkan malam sebelumnya, mulai dari sortir buku dan pengepakannya kedalam box kontainer.


Selain buku-buku, kami juga membawa selembar cetakan spanduk ukuran 3x3meter yang berisi gambar ular tangga raksasa. Gambar ular tangga tersebut kami ambil dari situs internet sehat, kemudian kami cetak. Untuk dadu raksasanya kami buat dengan menggunakan kertas kardus yang saya lilit dengan isolatif.

Literasi Digital Melalui Game Ular Tangga Raksasa
Literasi Digital Melalui Game Ular Tangga Raksasa

Baca juga : 7 Manfaat ikut komunitas Blogger

Sesampainya kami di Alun-alun, selanjutnya kami menggelar lapak berdekatan dengan lapak permainan anak-anak yang posisinya di sudut dan pas depan pintu masuk alun-alun dari masjid raya. Alhamdulillah, antusiasme pengunjung sangat banyak.

Dalam kesempatan itu seorang wartawan dari koran lokal melihat kerumunan anak-anak yang sedang asik membaca, tidak mau ketinggalan moment, aktivitas baca buku gratis yang kami selenggarakan pun diliput dan diberitakan di hari berikutnya.

Antusiasme Pengunjung Baca Buku Gratis
Antusiasme Pengunjung Baca Buku Gratis 

Semoga ini bisa istiqomah, dan berkelanjutan. Kami juga membuka donasi dan menerima sumbangan buku untuk menambah koleksi buku di Taman Baca Gelora Madani Batam​​. Mohon do'a dan dukungan teman-teman sekalian. Semoga ikhtiar kami untuk meningkatkan minat baca dan minat belajar masyarakat senantiasa mendapat berkah dari Tuhan YME.

Yuk lihat keseruannya melalui video berikut :

9 komentar:

  1. Duh emang keren banget kegiatan yang kakak lakukan. Meningkatkan budaya membaca itu penting banget, karena gak semua orang suka baca. Sering-sering yah kak adain kegiatan begini :3

    BalasHapus
  2. Kegiatan yang bermanfaat nih! Yuk lah kita rame-rame ke alun-alun hari Minggu pagi!

    BalasHapus
  3. Wah Wah, kompak sekali ya.
    Semoga segala usaha yg dilakukan berbuah manis dikemudian hari ya bang.
    Inspiratif bangeet..

    BalasHapus
  4. Kompakan yak pak fendi. Sukses ya pak

    BalasHapus
  5. Butuh energi dan semangat yang luar biasa untuk melakukan ini. Keren. Lanjutkan. Kapan-kapan pengen mampir ah kalau bisa mengejar pagi ke Engku Putri.

    BalasHapus
  6. Keren om gebrakannya. .. Semoga bisa ikut menikmati hari Minggu nanti ya... Engku putri memang tempat yg pas utk buka lapak beginian. Tp taman umum dekat rumah kita juga bisa loh kt jadi kan target kegiatan ini... ��

    BalasHapus
  7. Salut buat idemu ini Penk. I have no words to say again.. sukses selalu. Semoga idemu ini menjadi salah satu pengukur sukses meningkatkan minat literasi pada anak dan warga sekitar.

    BalasHapus
  8. Mantap Bang !

    Gerakan ini patut diramaikan.
    Citen kali !

    BalasHapus
  9. Ini punya Bang Fendi. Keren, kapan-kapan main ke Engku Putri ah klo minggu.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.