Kenapa bergabung di Blogger Kepri dan 7 Manfaat ikut komunitas Blogger

10.11
Masih seperti postingan sebelumnya, judul dalam postingan ini juga saya ambil dari tema Blog Challange di bloggerperempuan hanya saja judulnya saya sesuaikan denga komunitas yang saya ikuti. Judul awalnya tentang Kenapa bergabung di Blogger Perempuan Network saya ubah sesuai dengan komunitas blogger yang saya ikuti yaitu blogger Kepri. Dalam artikel ini juga saya jelaskan manfaat ikut komunitas Blogger berdasarkan pengalaman saya. Yang penting sabar ya..

Sebelum saya mengenal komunitas blogger kepri, dulu saya lebih familiar dengan beberapa teman di komunitas batam blogger. Karena rerata diatara pentolannya masih satu hobi dengan saya pada saat itu yaitu fotografi. Namun eksistensi batam blogger mengalami kemunduran dan vakum sampai sekarang.

Kemudian waktu saya ketemu mas Danan karena ada rapat singkat tentang kegiatan yang menggunakan CSR di perusahaan beliau. Seinget saya waktu itu Mas Danan juga ada sedikit cerita tentang keberadaan Blogger Kepri pas saya tanya beliau tentang aktivitas bloggingnya. Dari teman, saya diberitahu bahwa Mas Danan adalah seorang blogger yang terkenal dan langganan juara.

Setelah obrolan dengan mas Danan, saya hanya sebatas lalu tentang Blogger Kepri. Sampai suatu ketika istri saya cerita kalau dia gabung di komunitas Blogger Kepri dan ada undangan buat ikut opening bolu awak.

Daripada saya kesana hanya sebatas nemenin istri untuk acara opening bolu awak, mending saya sekalian saja ikut gabung ke komunitas Blogger Kepri. Sekali mendayung dua pulau terlampaui. Begitulah pikir saya waktu itu.

Akhirnya, melalui perantara istri saya mulai dimasukkan ke dalam group chat WA Blogger Kepri. Kalau gak salah waktu itu Mbak Dian yang memasukkan saya ke WAG Blogger Kepri. Setelah bergabung dan berinteraksi dengan temen-temen blogger di Kepri banyak hal baru yang saya dapatkan. Setidaknya dari Blogger Kepri saya menjadi lebih terbuka wawasan saya tentang aktivitas blogging.

Baca juga : Kesalahan Pemula Saat Memulai Menulis Blog

Selama ini mindset saya adalah nulis blog adalah 'pelihara tuyul'. Maksudnya, buat blog dengan nice tertentu kemudian ngejar traffic pengunjung dan berharap ada penghasilan dari adsense. Setelah bergabung dengan Komunitas Blogger akhirnya saya tahu bahwa anggapan itu ternyata tidak tepat dan saya merasa itulah kesalahan yang saya buat ketika memulai menulis blog diawal-awal.

Manfaat ikut komunitas blogger

Manfaat ikut komunitas blogger sebenernya sangat banyak, tapi saya ingin bahas yang memang benar-benar saya rasakan sendiri.

1. Menambah Ilmu

WAG Blogger Kepri itu hampir tidak pernah sepi. Pasti ada hal-hal yang dibahas, mulai dari algoritma google, pemilihan template dan setting-setting yang berguna untuk aktivitas blogging kita. Selain itu tidak jarang dibuat kegiatan offline untuk diskusi dan belajar teknik menulis, sehingga ikut komunitas blogger akan menambah ilmu dan wawasan kita dalam menulis blog.

2. Menambah Teman

Inj jelas tidak bisa dipungkiri, karena dengan ikut bergabung di komunitas blogger kita bisa bertemu dengan teman-teman yang memiliki kesamaan hobi. Sehingga menambah teman dan keluarga baru.

3. Promosi Blog

Diawal-awal ketika saya bergabung di Blogger Kepri, ada program yang menarik menurut saya yaitu arisan blog. Dengan kegiatan arisan blog ini kita saling menambah back link untuk blog kita. Selain itu ada juga kegiatan Blogwalking dimana kita saling share link postingan dan saling mengunjungi blog teman-teman yang ada dalam komunitas. Sehingga dapat membantu traffic pengunjung blog kita.
Baca juga : Arisan Blog, Cara Menambah Backlink dan Meningkatkan Pengunjung

4. Mendapat Inspirasi

Dengan interaksi antar anggota komunitas dan kegiatan Blogwalking kita bisa mendapatkan ide-ide baru untuk bahan tulisan blog kita selanjutnya. Jadi ide kita tidak akan terbatas, karena setiap blogwalking kita pasti menemukan hal baru.
Baca juga : Ikut Blogwalking

5. Mendapatkan Motivasi

Rerata temen-temen senior yang ada di group adalah orang-orang yang sangat berpengalaman dalam dunia tulis menulis. Sehingga tidak jarang mereka memenangkan kompetisi atau lomba menulis. Ada pula yang sudah mengeluarkan buku setelah rutin menulis blog. Prestasi yang demikian tentu menjadi motivasi bagi saya sebagai pemula untuk belajar supaya bisa rutin menulis blog.

6. Mendapatkan Job

Jadi menjadi blogger itu tidak bisa hanya mengharapkan adsense dari google. Dari komunitas blogger kepri saya jadi tahu kalau penghasilan para blogger lebih banyak dari job content placement. Biasanya info tentang job menulis dibagikan dalam WAG.
Baca juga : Menulis, Menuangkan Ide Dan Menambah Penghasilan
Para blogger senior bahkan sampai rela melepas pekerjaan yang sudah stabil untuk terjun seutuhnya menjadi seorang blogger. Dengan adanya job ini, aktivitas menulis blog jadi semakin menyenangkan. Karenu menulis ternyata bisa menambah penghasilan.

7. Tempat sharing

Dengan ikut komunitas blogger setidaknya kita tidak akan pusing lagi kalau menemui kendala. Segala persoalan bisa didiskusikan dalam WAG komunitas. Bahkan kadang persoalan diluar kegiatan blogging juga kita diskusikan. Makanya WAG tidak pernah sepi, karena selalu ada yang dibahas.

Jadi itulah kira-kira manfaat ikut komunitas blogger yang sudah saya rasakan. Meskipun awalnya bergabung di blogger kepri karena untuk mendukung aktivitas istri, tapi ternyata setelah masuk dalam komunitas malah banyak manfaat yang saya dapatkan.

Kalau kamu, apa manfaat yang sudah kamu rasakan setelah ikut komunitas blogger ? Share yuk di kolom komentar.

10 komentar:

  1. sepakat.. ikut komunitas yang paling seru adalah nambah temen dan nambah wawasan.

    BalasHapus
  2. saya masuk blogger kepri juga terasa kali manfaatnya. jadi banyaaak belajar. dan enaknya lagi, para penghuninya nggak pelit buat berbagi ilmu dan info job atau lomba.

    BalasHapus
  3. dari blogger kepri jadi sering jalan2 n terinspirasi utk nulis lebih baik

    BalasHapus
  4. Wah mas Danan emang femes ya kak...

    Blogger kepri emang top deh. Aku bangga jadi anggota blogger Kepri. Mudah mudahan tidak pernah ada drama drama lagi ya... Aamiin

    BalasHapus
  5. Ayaya... Bener banget mendapatkan teman dan juga backlink ya asal jangan sampai score spam tinggi, lagi geregetan dengan skor spam

    BalasHapus
  6. Bergabung di komunitas blogger itu memang penting karena saling menguatkan dan memotivasi untuk terus produktif. Terlwbih banyak tawaran job yang malah kebanyakan datang dari sana.

    BalasHapus
  7. termotivasi nulis karena ada jadwal BW tiap minggu

    BalasHapus
  8. Setuju. Nambah teman, nambah ilmu dan yang penting tetap semangat nulis mas.

    BalasHapus
  9. Yups bener bangets... aku juga merasakan hal yang sama saat bergabung dengan BK. Komunitas memang sangat penting untuk memacu kreatifitas dan konsisten dalam ngeblog...

    BalasHapus
  10. Wah, artikelnya menarik sekali mas bro. Jadi kepengen ikut aktif dikomunitas Blogger Kepri. Ternyata banyak sekali manfaat yang telah diulas, dan saya yakin masih ada yang belum terekpos keuntungan-keuntungan positif sebagai anggota BK :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.