Semua Wajib Belajar Coding !! Para Ibu Harus Gabung Komunitas Coding Mum, ini alasannya !!

10.13
Mungkin kebanyakan orang awam bingung dan bertanya coding itu apa sih, emang belajar coding itu penting ya ? Dan berbagai pertanyaan lainnya. Namun bagi mahasiswa/pelajar jurusan ilmu komputer atau yang hobi ngoprek komputer pasti tahu apa itu coding. Bahkan mungkin sebagian dari mereka ada yang muak dan alergi dengan istilah coding tersebut. Heheheee...

ilustrasi

Secara sederhana, coding itu bisa dibilang membuat program/aplikasi komputer dengan menggunakan bahasa komputer. Kemudian aktivitas atau kegiatan membuat program komputer itu bisa dibilang 'ngoding'. Trus orang yang membuat program/aplikasi komputer itu bisa disebut sebagai programer. Ya, kurang lebih seperti itu definisi sederhananya.

Program komputer itu ya aplikasi yang dijalankan di komputer, biasanya kita pakai untuk membantu memudahkan pekerjaan kita. Komputer itu tidak bisa ngapa-ngapain kalau tidak ada programnya. Jadi butuh programer membuat aplikasi, baru aplikasinya digunakan untuk membantu mencari solusi atau membantu kerja kita. Contohnya aplikasi desktop seperti Ms.Word yang membantu kita membuat dokumen laporan. Aplikasi Web seperti Facebook yang memudahkan kita curhat di dinding ratapan atau stalking status mantan dan masih banyak aplikasi lainnya.

Semua aplikasi itu dibuat menggunakan bahasa komputer. Jadi komputer itu juga seperti manusia, memiliki berbagai jenis bahasa pemrograman. Sebenarnya komputer hanya mengetahui bilangan biner saja, yaitu 0 & 1 (bahasa mesin). Namun untuk memudahkan manusia membuat program di komputer maka perkembangan bahasa pemrograman pun mulai banyak dan beragam. Dari mulai bahasa mesin sampai ada bahasa pemrograman tingkat tinggi. Semakin tinggi bahasa pemrograman maka sintax yang digunakan akan semakin mendekati bahasa manusia.
Bahasa Pemrograman

Pentingnya Belajar Coding

Jadi begini, sekarang ini kan kita sudah masuk ke dunia industri 4.0. Tantangan kedepan itu kompetisi tidak lagi antara para sesama pencari kerja, namun persaingan sudah antara manusia dan robot. Selain itu kebutuhan sehari-hari kita pasti tidak jauh dari yang namanya teknologi. Semuanya sudah berbasis aplikasi.

Mau belanja, sekarang cukup buka aplikasi. Bayar belanjaan, pakai aplikasi banking. Mau jalan-jalan, pesen angkutan pakai aplikasi. Hampir semua kebutuhan hidup kita saat ini berbasis aplikasi semua.

Tapi disini saya tidak ingin bilang kalau kita harus belajar coding supaya bisa buat aplikasi seperti yang selama ini kita pakai, bukan itu.

Namun hal terpenting yang ingin saya sampaikan dalam artikel ini adalah pentingnya belajar coding untuk menghadapi persaingan destructive yang sudah dimulai dalam minelium ini.

Menurut Christine Lagarde selaku Direktur Eksekutif International Monetery Found (IMF) dalam diskusi di UGM mengungkapkan bahwa tantangan revolusi industri 4.0. mengharuskan kita belajar menguasai banyak bahasa. Bukan hanya bahasa inggris atau bahasa mandarin saja, melainkan bahasa pemrograman komputer.

Berdasarkan data dari Oxford University mengungkap bahwa pekerjaan yang ada saat ada akan hilang sebanyak 47% dalam 25 tahun mendatang. Karena banyaknya perusahaan yang menggantikan tenaga manusia dengan sistem yang telah dibenami kecerdasan buatan, maka kedepan diperkirakan kemampuan coding akan menjadi salah satu syarat wajib yang diberikan oleh perusahaan dalam merekrut karyawan.

Tujuannya agar kita bisa menjadi tuan dari mesin-mesin cerdas yang dipakai di Industri nantinya. Jika tidak memiliki kemampuan bahasa komputer maka jangan menyesal jika kita nanti dikalahkan oleh mesin.

Seperti yang saya tulis diparagraf sebelumnya, bahwa komputer sebenarnya tidak bisa melakukan apa-apa jika tidak ada perintah dari manusia. Perintah manusia ini bisa dipahami komputer tentu dengan bahasa yang dimengerti komputer. Oleh karena itu mempelajari bahasa pemrograman itu menjadi penting untuk menghadapi era distruptif seperti saat ini.

Selain belajar coding, hal terpenting juga yang perlu diingat sebelum membuat program komputer adalah kita harus menerjemahkan perintah menjadi urutan instruksi tertentu (sesuai tugas/keinginan) dan barisan instruksi atau perintah tersebut kemudian di ubah menjadi bahasa pemrograman komputer agar instruksinya bisa dijalankan oleh komputer. Konsep ini disebut dengan Algoritma komputer.

Game Belajar Algoritma untuk anak

Jadi memberi perintah ke komputer itu harus jelas urutan dan langkah demi langkahnya, kalau tidak jelas, komputer akan error sehingga tidak bisa mengikuti kemauan kita.

Mungkin sampai disini dulu penjelasan tentang pentingnya belajar coding, dan ini tidak hanya berlaku bagi mahasiswa jurusan komputer saja tapi juga bagi orang-orang yang ingin memenangkan persaingan di era revolusi industri 4.0.


Komunitas Coding Mum Indonesia


Bagi kaum ibu, belajar coding juga penting untuk mempersiapkan anak-anak menghadapi era robotika dan kecerdasan buatan seperti saat ini. Untuk memfasilitasi kaum ibu agar bisa belajar coding, saat ini sudah ada Komunitas Coding Mum Indonesia. Mungkin awalnya akan belajar yang sederhana dan ringan-ringan dulu seperti disan web atau blog. Kemudian nanti jika sudah mulau mengetahui alur berfikir dan cara membuat program maka kemampuannya bisa dikembangkan lagi ke dalam sistem yang lebih komplex.
Sumber : bekraf.go.id

Jadi, sudah siapkan anda belajar coding hari ini ? Siap tidak siap harus siap karena tuntutan zaman sudah mewajibkan kita untuk belajar coding agar dapat memenangkan persaingan diera revolusi industri 4.0. Dan Pemerintah melalui bekraf juga sudah membuat program Komunitas Coding Mum untuk memfasilitasi kaum ibu belajar coding. Selamat mencari kutu (ngoding)

8 komentar:

  1. Aku belum bisa coding. Bisanya cuma ngode ke suami, terutama kalo minta tambahan transferan atau minta ijin buat ngetrip hehehe

    BalasHapus
  2. aku angkat tangan untuk coding.

    BalasHapus
  3. tak suruh istri ngoding ah, biar paham,
    bekal ngajarin calon debay

    BalasHapus
  4. Mau ikut coding mom berikutnya, ahh....

    BalasHapus
  5. Waah keren ada komunitas koding buat para mak mak. Boleh juga nih

    BalasHapus
  6. Iya ni... Mum is coding lah pokoknya....

    BalasHapus
  7. Saya juga dah belajar coding mas, yang diadakan Bekraf waktu di Uvers. Dasar ilmunya dah dapet, tinggal giat belajar lagi, buat pemantapan.

    BalasHapus
  8. Semua wajib dipelajari, baiklah, nanti akan coba untuk belajar hehe.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.