Kenapa memilih nama blog yang sekarang digunakan dan Cara memilih nama blog

08.25
Hal yang paling sulit bagi saya dalam hidup ini salah satunya adalah menentukan nama yang pas dalam hal merk apapun. Begitu juga dengan pemilihan nama blog. Memilih nama blog itu sebuah penderitaan menurut saya. Karena saya selalu tidak cocok dengan nama blog yang sudah saya pilih sebelumnya. Hehehee.

Memilih nama blog

Sebenernya banyak artikel yang mengulas cara memilih nama blog, misalnya seperti tips yang coba saya rangkum berikut.

1. Pilih nama yang kreatif dan mengandung Keyword

Karena blog biasanya akan menjadi identitas kita di internet, maka disarankan memilih nama blog yang unik sehinga benar-benar bisa meningkatkan branding diri anda. Buat nama blog yang memiliki keyword agar menarik perhatian search engine seperti google, yahoo atau bing.

2. Pilih nama blog yang pendek dan gampang diingat

Hindari ejaan gaul dalam memilih nama blog, pilih nama blog yang gampang diingat dan usahakan nama blog yang tidak terlalu panjang. Selain itu juga hindari penggunaan angka atau karakter selajn huruf, kalau istilah kerennya hyphens.

3. Lakukan Riset Keyword

Jika tujuan menulis blog adalah untuk mendapatkan traffic yang tinggi maka nama blog wajib memiliki keyword. Supaya lebih tertarget Oleh karena itu, untuk mendapatkan keyword tertarget maka disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu, kalau bahasa para master biar SEO friendly.

4. Target Area

Kalau anda membuat blog untuk bisnis, anda bisa menambahkan nama kota dalam blog anda agar lebih tertarget dan mudah diketahui pengunjung. Sehingga pembaca blog anda bisa mudah menemukan anda.

Baca juga : Pengalaman Saya memilih tema 'nice' blog

5. Pastikan belum dipakai orang lain

Jangan sampai nama blog yang kita gunakan berpotensi melanggar hak paten atas merk tertentu. Sehingga harus dipastikan bahwa nama blog yang kita gunakan belum terpakai atau menjadi brand produk yang sudah memiliki hak paten.


Meskipun ada panduan seperti diatas saya malah makin bingung dan semakin sulit nyari nama blog sendiri. Karena kesulitan memilih nama blog, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan nama saya sendiri sebagai nama blog yang sekarang saya gunakan. Awalnya nama blognya rumahfendi.blogspot.com. Kemudian saya membeli domain dengan nama saya sendiri yaitu fendihidayat.my.id.

Karena saya menulis blog awalnya diniatkan untuk berbagi materi kuliah yang saya ajarkan di kampus. Selain itu juga untuk menulis opini hasil pemikiran saya tentang apa yang menjadi keresahan saya. Kalau jni lebih ke arah mencoba kritis terhadap kebijakan pemerintah. Makanya saya memutuskan untuk memakai nama saya sendiri.

Baca juga : Kesalahan Pemula saat memulai menulis Blog

Selain itu juga untuk membuat brand diri sendiri. Jadi bisa disimpulkan sebenernya alasan kenapa saya memilih nama blog yang sekarang saya gunakan adalah untuk pencitraan. Hehehee

Kalau kamu, apa alasan sebenarnya memilih nama blog yang sekarang digunakan ?

1 komentar:

  1. Sama juga dengan saya ternyata. Sama susahnya menentukan nama sebuah merk. Kadang harus berhari-hari berminggu-minggu baru dapat namanya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.