Aplikasi Wajah Tua Face FaceApp Yang Viral Berbahaya ?

Aplikasi Wajah Tua Face FaceApp Yang Viral Berbahaya -- Kamis kemaren mendadak semua teman saya menjadi tua. secara seketika semua foto mereka menampilkan wajah tua. Tidak ketinggalan juga, tetiba istri saya juga mengirimkan foto kami berdua dengan wajah yang penuh keriput. Kemudian dia juga mengirimi saya foto seorang pria yang berwajah kriput, yang dibuat dari foto saya. Rada geli sebenarnya, tapi lucu juga.

Aplikasi Wajah Tua Face FaceApp Yang Viral Berbahaya
Efek Aplikasi Wajah Tua dari Face FaceApp

Fenomena yang membuat semua orang mengedit fotonya menjadi tua itu ternyata karena adanya #AgeChallange. Hingga semua orang tertantang menggubah fotonya menjadi wajah tua. Aplikasi yang digunakan untuk mengubah wajah menjadi tua adalah faceapp


Aplikasi Wajah Tua Face FaceApp Yang Viral


Kecerdasan Buatan di balik FaceApp


Kemampuan FaceApp untuk merubah wajah di foto menjadi terlihat tua ternyata karena penggunaan teknologi kecerdasan buatan. FaceApp dibuat dengan kemampuan untuk menganalisa jaringan syaraf yang ada di foto. Tidak hanya itu, bahkan pengembang aplikasi  ini juga menggunakan algoritma yang dapat membaca perubahan usia serta perubahan wajah dalam bentuk maskulin maupun feminim.  Dengan kecerdasan buatan inilah yang membuat wajah tua hasil manipulasi mengguna aplikasi FaceApp terlihat sangat natural.

FaceApp Berbahaya ?


FaceApp sendiri merupakan aplikasi besutan Wireless Lab yang berkantor di Skolkovo, Rusia. Kota ini sendiri merupakan pusat industri teknologi (Silicon Valley) di Rusia. Sehingga menimbulkan rumor bahwa FaceApp sengaja dibuat untuk mengumpulkan data yang akan digunakan oleh pemerintah Rusia.

Rumor ini juga diperkuat oleh kebijakan dari pengembang yang memungkinkan mereka untuk bisa mengakses foto dalam memori kita dan menyimpan foto kita di server mereka secara permanen. Meskipun rumor ini sendiri sudah dibantah oleh Tim Pengembangnya, yang menyatakan bahwa mereka tidak ada hubungannya dengan Pemerintah Rusia dan file foto yang disimpan juga akan otomatis terhapus setelah 24 jam.

Namun aplikasi FaceApp tetap perlu diwaspadai, karena FaceApp tetap dapat mengakses informasi pribadi kita seperti informasi lokasi, penggunaan data dan riwayat pencarian yang ada di hp kita. Informasi terbaru menyatakan bahwa FaceApphanya memberikan konfirmasi persetujuan ke pengguna bahwa foto yang akan diedit akan disimpan di server cloud milik FaceApp. Jika pengguna tidak setuju maka proses pengeditan tidak dapat dilanjutkan, namun jika setuju baru bisa melakukan pengeditan wajah.

Mungkin bagi sebagian orang merasa tidak masalah jika informasi tersebut diatas dapat diakses oleh pengembang FaceApp, namun perlu anda sadari bahwa dengan akses penuh yang mereka miliki terhadap data kita juga tidak memberikan jaminan bahwa data-data kita tersebut akan disalah gunakan.

Jadi, Apakah aplikasi wajah tua face faceapp yang viral berbahaya ? Menurut saya iya, Bagaimana menurut kalian ? Silahkan tulis di kolom komentar ya :)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.