berbagi cerita membuka cakrawala

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 24 November 2022

Peran Lembaga Sertifikasi Profesi dalam Meningkatkan Daya Saing Lulusan

Universitas kini mencoba menawarkan berbagai program kepada lulusannya untuk memastikan kompetensi profesional mereka. Salah satu caranya adalah dengan mendirikan atau bermitra dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 


Melalui LSP, semua mahasiswa dapat mengikuti Ujian Kompetensi Teknis sesuai dengan skema LSP sendiri. Skema yang akan diuji harus memiliki lisensi/validasi skema dari BNSP.


Baca juga : Mengenal Lembaga Sertifikasi Profesi

 

Referensi skema yang disetujui BNSP dapat diambil dari Standar Kompetensi Tenaga Kerja Nasional (SKKNI), Standar Kompeten Tenaga Kerja Tertentu (SKKK) dan Standar Kompeten Tenaga Kerja Internasional (SKKI). Ujian Sertifikasi Kompetensi Teknis Sistem LSP menyediakan seperangkat unit kompetensi, elemen kompetensi, dan kriteria kinerja untuk posisi yang tersedia di industri. Ini meliputi tes pengetahuan, keterampilan kerja, dan sikap.

 

Mahasiswa yang dinyatakan lulus Ujian Sertifikasi Kompetensi Teknis LSP dan dinyatakan “BERKOMPETEN” pada ujian tersebut akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP. Karena kredensial ini merupakan produk hukum, maka semua sertifikat yang diterbitkan oleh LSP berada di bawah pengawasan pemerintah (BNSP).

 

Peran Lembaga Sertifikasi Profesi dalam Meningkatkan Daya Saing Lulusan


Hal ini membuat pencari kerja berpendidikan tinggi lebih kompetitif. Ini karena menyediakan dokumentasi yang dapat meyakinkan perusahaan tentang kompetensi teknisnya bahwa mereka bersedia bekerja untuk jenis pekerjaan yang sesuai dengan skema pengakuan kompetensi.


Baca juga : Pentingnya Lembaga Sertifikasi Profesi

 

Dengan sertifikasi kompetensi ini, perusahaan dapat mencari LSP yang telah menerbitkan sertifikasi kompetensi di website BNSP, serta informasi detail mengenai kompetensi teknis yang diujikan dalam program di website LSP, untuk membantu pencari kerja lulus. Kemitraan antara BNSP dan universitas melalui LSP menawarkan manfaat besar sebagai penghubung antara industri dan universitas. Salah satu LSP di Indonesia yang melakukan sertifikasi bidang digital adalah LSP Teknologi Digital yang telah terbukti kualitasnya dalam mensertifikasi SDM Digital di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Post Top Ad

Your Ad Spot